Senin, 27 Januari 2020

BATIK TULIS LAWEYAN SOLO TIDAK HANYA DIMINATI OLEH WISATAWAN LOKAL

Batik tulis laweyan menjadi salah satu andalan dari Kota Solo. Saat menyebut nama Laweyan yang terlintas adalah batik. Ini karena, di Kecamatan ini merupakan pusat batik tulis yang ada di Kota Solo. Kampoeng Batik Laweyan adalah salah satu kawasan lanskap budaya di Indonesia yang kaya akan potensi budaya dan sejarah yang telah diwarisi sejak nenek moyang. Salah satu warisan yang tak ternilai yang dimiliki di kampoeng batik laweyan adalah seni batik yang masuk dalam warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage). Seni batik solo yang menjadi daya tarik utama ini diperkaya dengan situs-situs bersejarah seperti makam dan mesjid bersejarah serta situs lainnya.

Potensi ini menjadi magnet yang kuat dalam menarik wisatawan. Dengan perencanaan kawasan yang lebih baik, kampuoeg batik Laweyan akan mampu menawarkan beragam jenis wisata yang lebih tertata dan mampu melayani kebutuhan pengunjung dalam pelayanan yang maksimal, sekaligus membuat Kampoeng Batik Laweyan tetap lestari dengan peninggalan budaya dan sejarah serta kesejahteraan masyarakat berbasis bisnis batik ini menjadi lebih meningkat.

Di samping itu kampoeng batik laweyan memiliki potensi komunitas masyarakat yang berperan besar dalam turut menjaga kelestarian kawasannya. Kekuatan komunitas ini akan membantu menjadikan kawasan kampoeng batik Laweyan menjadi destinasi wisata batik solo yang ramah dan layak dikunjungi.

Batik Tulis Laweyan Solo

Tidak hanya oleh wisatawan lokal. Tetapi, banyak juga wisatawan mancanegara yang datang ke kampung ini. Apalagi kalau tidak berburu batik tulis. Meski di kampung Batik Laweyan ini juga ada batik cap dan juga printing. Tetapi, pesona batik tulis di tempat ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kreasi batik tulis ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Dan salah satu sosok yang terkenal akan kreasi batik adalah Saman Hudi.

Saman Hudi adalah salah seorang saudagar batik ternama kala itu. Karena konsistensinya terhadap batik, Saman Hudi ini sudah dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Di kampung yang terletak di sisi barat sebelah selatan Solo ini terdapat puluhan atau bahkan ratusan butik. Butik-butik tersebut menyediakan beragam batik tulis andalan. Dan setiap pengusaha batik Laweyan mempunyai pelanggan sendiri-sendiri.

Batik laweyan motif pring-pringan

Batik laweyan motif pring-pringan

Kreasi dari batik tulis Laweyan ini sangat banyak. Ada batik tulis dengan motif klasik. Ada juga batik tulis dengan motif modern. Kreasi ini tentunya menyesuaikan dengan permintaan para pelanggan. Karena, meski di era modern, banyak yang masih menyukai batik klasik. Diantaranya, keelokan batik tulis Laweyan ada kami (Batikdlidir). Sama halnya dengan para perajin batik di Laweyan, kami juga menyediakan beragam motif batik tulis andalan.

Lokasi Pabrik di Laweyan

Lokasi pabrik batik solo terpusat pada kampung batik Laweyan dan kampung batik Kauman. Disitu terdapat banyak pengrajin batik yang berkumpul. Selain itu kampung batik menjadi salah satu tempat pariwisata di Solo. Suasana kampung batik khas bernuansa vintage dengan bangunan lawas yang memesona menjadi daya tarik tersendiri. Barang-barang seni berupa pajangan dan hiasan bernuansa batik memperindah kampung batik. Tiang lampu berbentuk canting dan conblock yang membentuk motif batik perlu di apresiasi.

Kami Batik Dlidir memiliki pabrik batik di Kampung batik Laweyan. Kami memproduksi berbagai macam batik asli. Anda bisa mengunjungi pabrik batik di lokasi berikut ini



Proses pembuatan keaslian batik, bisa juga Anda pantau. Selain itu, Anda juga berhak menikmati wisata produksi di Batikdlidir. Ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi kebersamaan menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Batikdlidir berusaha menjaga kelestarian budaya membatik. Seragam batik asli merupakan wujud dari usaha kami mempertahankan eksistensi keaslian tradisi ini. Perpaduan yang apik antara nilai budaya dan ekonomi.


Anda bisa mendapatkan berbagai motif unik di tempat kami. Kami menawarkan harga yang spesial untuk anda. Untuk jenis batik tulis, kami menawarkan harga mulai dari Rp 600.000/potong. Kami memberikan jaminan kualitas dan juga bahan yang terbaik. Untuk pemesanan, anda bisa menghubungi saya (Pak Mudzakir) di nomor 082265652222.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar