Selasa, 03 Desember 2019

BAJU BATIK HAMIL MURAH UNTUK PERSIAPAN 7 BULANAN SANG IBU

Baju batik hamil murah untuk persiapan 7 bulanan sang ibu. Batik adalah salah satu warisan budaya leluhur Nusantara yang senantiasa lestari hingga sekarang. UNESCO pun telah mengakui Batik sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia.

Seperti kita ketahui bahwa kain batik yang ditulis secara cermat dan penuh ketekunan memiliki makna dan filosofi. Tidak hanya itu, kain batik pun memiliki keragaman motif, yang dikenakan untuk setiap peristiwa penting dalam kehidupan, mulai dari kelahiran, pernikahan, hingga kematian. Salah satu aplikasi penggunaan batik dalam acara sakral adalah tujuh macam kain batik untuk tradisi nujuh bulanan.

Kali ini kita mau membahas 7 macam motif batik indonesia yang digunakan dalam prosesi adat Jawa “mitoni”.
Sebelumnya, Apa itu mitoni?

Mitoni adalah suatu adat kebiasaan atau suatu upacara yang dilakukan pada bulan ke-7 masa kehamilan pertama seorang perempuan dengan tujuan agar jabang bayi dalam kandungan dan sang ibu yang mengandung senantiasa memperoleh keselamatan.

Dalam acara mitoni terdapat prosesi berganti busana batik sebanyak 7 kali. Iya sebanyak itu, karena dalam setiap motif batik yang akan dipakai memiliki filosofi dan dengan harapan bahwa filosofi dari batik yang dipakai itu akan menurun kepada sifat lahir dan batin anak tersebut kelak di dunia.

7 Motif Kain Batik Yang Digunakan Saat Acara Mitoni

Nah, buat pasangan yang sedang menunggu kelahiran buah hati tercinta dan ingin melaksanakan prosesi adat mitoni kami akan berikan info kain batik yang digunakan sekaligus filosofinya. 7 macam motif batik ini kadang setiap daerah memiliki perbedaan atau pakem motif yang digunakan, tetapi intinya 7 macam motif batik tersebut yang kelak akan menjadi tuntunan kepada sang jabang bayi.

7 batik tulis yang kami sebutkan tidak menjadi pakem, tetapi kami mengambil berdasarkan filosofi yang penuh kebaikan. Langsung saja kita bahas satu per dua, eh, satu per satu.

1. Motif Batik Wahyu Tumurun

kain batik untuk 7 bulanan

Nama: Wahyu Tumurun Bledak
Jenis Pembuatan: Batik Tulis Canting
Harga: Rp 1.300.000,00
Bahan Kain: Gamelan

Pada pemakaian pertama motif batik yang digunakan adalah motif batik Wahyu Tumurun. Dengan filosofi bahwa semoga nantinya anak tersebut selalu mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Dapat juga diartikan bahwa anak tersebut merupakan anugerah yang harus dijaga dan dilindungi oleh kedua orangtuanya. Setelah selesai memakai motif Wahyu Tumurun, kemudian batik dilepas untuk memakai motif kedua.

2. Motif Batik Gurdo atau Garuda

kain batik untuk 7 bulanan

Motif Garuda ini merupakan kombinasi dengan batik lain seperti parang atau kawung. Dengan harapan bahwa nantinya sang anak mampu meraih cita-cita yang tinggi dengan tetap bersifat sendah hati kepada sesama [kawung] dan juga bersifat ksatria yang berbudi luhur dan memiliki kebijaksanaan yang tinggi [parang].

3. Motif Batik Sidomukti

kain batik untuk 7 bulanan

Motif Batik yang ketiga adalah motif Sido Mukti, yang memiliki harapan bahwa nantinya yang jabang bayi akan memiliki hidup yang makmur dan dilebihkan selalu rezekinya oleh Yang Maha Kuasa. Selain itu motif ini juga melambangkan bahwa anaknya akan selalu mampu menjadi kebanggan orang tua.

4. Motif Batik Ratu Ratih

kain batik untuk 7 bulanan

Batik ini muncul pada masa pemerintahan Paku Buwono ke VI, dimana pada saat diangkat menjadi raja usianya masih sangat muda sehingga diemban oleh patihnya (ayahnya sendiri) pada tahun 1824 M. Makna dari motif batik ini diibaratkan cincin emas yang bermata berlian yang dikaitkan dengan kemuliaan, keagungan dan mudah menyesuaikan dengan lingkungannya.

5. Motif Batik Satria Wibawa

Batik ini merupakan jenis batik ceplokan segi empat dengan titik pusat di tengah. Dalam ajaran Jawa, hal ini adalah konsep kekuasaan yang melambangkan Raja yang bersifat bijaksana. Sesuai dengan namanya, diharapkan nantinya adalah memiliki keturunan yang bersifat ksatria.

6. Motif Batik Babon Angrem

kain batik untuk 7 bulanan

Nama: Babon Angrem Krumpul
Bahan: Katun Kereta Kencana
Harga: Rp 1.500.000,00

Sama dengan ketika seorang Ibu mengandung anaknya, maka sepenuh hati dan sekuat tenaga melindungi anaknya agar tidak sampai terjadi apa-apa. Selain itu makna dari Motif Babon Angremini adalah sebuah permohonan keturunan sebagai penyambung sejarah.


7. Motif Batik Sidoluhur


kain batik untuk 7 bulanan

Nama: SidoLuhur
Bahan:Kereta Kencana
Harga: Rp 1.200.000,00

Memiliki kepribadian yang luhur adalah dambaan setiap orang tua, oleh karena itu, batik ini berada pada posisi terakhir. Hampir mirip seperti filosofi motif dliring yang mengharapkan sang anak nantinya akan memiliki sifat rendah hati dan patuh kepada orang tua. Menjadi teladan bagi masyarakat dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Mungkin ketika dalam sebuah acara mitoni, atau dalam bahasa jawa disebut tingkeban kalian menemukan motif yang lain. Benar sekali, motif seperti parang kusumo, cuwiri, truntum,sido asih, sampai motif udan liris yang sekarang sangat langka ditemukan. Tergantung filosofi yang ingin diwariskan kepada sang anak nantinya.

Namun, bukan berarti setelah memakai kain batik nantinya anak kita akan seperti yang ada dalam filosofi, kain batik ini hanya menjadi motivasi agar sebagai orang tua mampu mendidik anaknya agar menjadi pribadi yang benar-benar baik dalam fisik maupun hatu nuraninya.

Orang tua tetaplah menjadi panutan sang anak, sehingga bagaimanapun orang tua adalah kunci kesuksesan anaknya kelak. Filosofi ini bukan hanya mitos, tetapi apabila kita mencoba melihat anak-anak zaman sekarang yang cenderung bandel dan tidak tahu tata krama, mungkin sudah kehilangan jatidiri sebagai orang Jawa yang berbudaya luhur.

Kami memproduksi kain batik tulis asli, batik cap, batik handpriting, batik plangkan malam dan batik cap smoke. Kami juga menerima pemesanan kain batik dalam jumlah banyak. Untuk harga kami mempunyai penawaran menarik untuk Anda. Langsung saja hubungi kontak yang ada di bawah ini.

Untuk info lebih lanjut mengenai pemesanan silahkan hubungi Pak Mudzakir 0822 6565 2222.

Baca juga situs kami lainnya di bawah ini :
batik fabric for quilting.




Nuhun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar