Jumat, 13 Desember 2019

JENIS KAIN BATIK MODERN DILIHAT DARI PROSES PEMBUATANNYA

Jenis kain batik modern dilihat dari proses pembuatannya. Jenis kain batik Solo sangatlah beragam. Berbagai jenis teknik membatik mempengaruhi hasil akhir dan karakteristik batik. Tahukah kamu berapa jumlah teknik batik yang berkembang saat ini? Pada awalnya teknik batik yang umum digunakan adalah hanya batik tulis. Batik yang diciptakan dengan menahan warna pada kain menggunakan malam. Malam ditorehkan menggunakan canting. Perlu anda ketahui bahwa hanya batik Indonesia yang menggunakan canting untuk menorehkan malam. Oleh karena itu batik tulis Indonesia khususnya Jawa memiliki motif yang mendetail.

Selain batik tulis ada pula yang dinamakan batik cap. Batik cap muncul karena banyaknya permintaan pasar pada saai itu. Terciptalah alat cap atau dinamakan garan cap. Bagaimana alat tersebut bekerja? Alat tersebut terbuat dari tembaga, akan dicelupkan di malam panas dan dicapkan di kain. Jadi malam yang tertinggal pada garan akan ditorehkan di kain dilakukan secara repetitif sehingga memenuhi seluruh bagian kain. Setelah itu akan di berikan warna, bisa dengan mencelup atau dengan tolet sehingga dinamakan batik cap tolet.

jenis kain batik modern

Kedua teknik diatas merupakan teknik poluler yang sudah banyak orang ketahui. Namun masih banyak teknik batik yang asli batik namun masyarakat banyak belum mengetahuinya. Akan kami jelaskan dibawah ini.

Jenis Kain Batik Solo Semi Tulis

Jenis kain batik Solo semi tulis seperti apakah itu? Semi tulis merupakan kain batik yang sebagian dibuat menggunakan teknik tulis. Namun, sebagian yang lain menggunakan teknik lain. Kami memiliki berbagai jenis kain semi tulis dengan berbagai range harga. Tingkat kerumitan pembuatan tentu akan mempengaruhi keindahan dan harga dari batik itu sendiri.

Batik semi tulis antara lain:

1. Batik Plangkan Malam
Karena memakai lilin malam pada proses pembuatannya, bahan kain lebih terasa lembut. Konstruksi kain yang terkena malam dan tidak terkena malam, sangat berbeda. Handling atau handfeel berpihak pada yang memakai malam. Penemuan terbaik dari nenek moyang yang kadang terlupakan oleh kita.

kain batik plangkan malam (malam dingin)

Metode ini adalah perpaduan cap, plangkan, tolet dan tulis canting. Untuk lilinnya juga sama, menggabungkan lilin panas dan lilin dingin. Sehingga secara lengkap keseluruhan handmade batik ada di tehnik ini.

Kami batik dlidir, menyediakan kain batik plangkan malam ini dalam bentuk kain potongan. Perpotong memiliki panjang 2 meter dengan harga Rp 300.000,- per potong.

Untuk pemesanan kain batik jenis plangkan malam ini kami mematok minimal order 50 potong atau sama dengan minimal order 100 meter.

2. Batik Print Tulis
batik print tulis (print kesik)

Batik print tulis merupakan perpaduan antara batik handprinting dengan tulis canting. Untuk bahan, Biasanya memakai katun prima yang halus. Dipasaran warga solo terkenal dengan sebutan prima lampion. Anda bisa pula memesan bahan selainnya seperti barkolin atau poplin. Namun, Ready stock di tempat kami kebanyakan prima halus.

Dikarena memakai lilin malam pada proses pembuatannya, bahan kain lebih terasa lembut. Konstruksi kain yang terkena malam dan tidak terkena malam, sangat berbeda. Handling atau handfeel berpihak pada yang memakai malam. Penemuan terbaik dari nenek moyang yang kadang terlupakan oleh kita.

Kami batik dlidir, menyediakan kain batik print kesik ini dalam bentuk kain potongan. Perpotong memiliki panjang 2 meter dengan harga Rp 150.000,- per potong.

3. Batik Kesik
Batik cap kesik terbagi menjadi dua. Pertama, batik kesik menggunakan tolet. Yang kedua, Tanpa memberikan toleetan. Berikut sedikit penjelasan prosesnya.

Kain yang sudah dicap dengan motif yang diinginkan, kemudian memberi warna. Pewarnaan untuk cap kesik dengan toletan berbeda dengan tanpa toletan. Yang toletan, pewarnaan isen-isen dilakukan secara manual. Langkah manual ini menggunakan kuas.

batik cap kesik kombinasi tolet

Selesai proses tersebut, warna dikancing mencelupkan pada waterglass. Jangan lupa untuk menglorot, setelah dikunci waterglass. Anda bisa menjemurnya di terik matahari langsung. Proses selanjutnya, memasuki proses kesik.

batik cap kesik kombinasi tolet

Cara kesik yakni menutup isen-isen dengan malam menggunakan canting. Dan tentunya inilah nilai budaya asli batik. Selain kesan, makna batik bisa Anda melihatnya ditahapan ini.

Selesai proses kesik, Anda bisa menyelupkan kedalam warna. Warna tersebut sesuai keinginan Anda. Selanjutnya proses mengancing atau mengunci warna menggunakan waterglass. Dan yang terakhir adalah menglorot atau tahap pelorotan malam ( lilin ). Pelorotan bertujuan memunculkan warna dan motif pada batik cap kesik ini.

Kami batik dlidir, menyediakan kain batik cap kesik ini dalam bentuk kain potongan. Perpotong memiliki panjang 2 meter dengan harga Rp 250.000,- per potong.

Pesan Batik Solo hanya di Batik Dlidir

Anda meninginkan batik dalam jumlah banyak? Kami bisa melayani pemesanan berbagai motif dan teknik sesuai yang anda inginkan. Pilih motif yang anda sukai lalu, dan teknik yang sesuai dengan budget anda. Untuk batik tulis tidak ada pemesanan minimal, jadi bisa hanya satu buah. We also sell batik fabric for quilting.

Segera hubungi Pak Mudzakir di +62 822 6565 2222




Nuhun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar