Jumat, 01 November 2019

KAIN BATIK MURAH DI CIREBON YANG TIDAK JAUH DARI MOTIF MEGAMENDUNG

Kain batik Cirebon sama halnya dengan Yogyakarta dan Solo, selain mempunyai keraton, Cirebon juga mempunyai tradisi membatik. Goresan canting yang diaplikasikan pada selembar kain ini, menghasilkan karya seni yang indah serta ekonomis. Seperti di Yogyakarta dan Solo, nilai-nilai spiritual yang hidup dalam masyarakat berpengaruh pada motif batik khas Cirebon. Pengaruh budaya Islam dan Hindu yang masih kuat di Cirebon, banyak ditemukan tidak hanya pada batik, namun juga arsitektur bangunan-bangunan kuno Keraton. Sebagai kota pelabuhan besar di pulau Jawa, Cirebon mengalami akulturasi budaya Cina-Jawa-Eropa, yang semuanya masuk mempengaruhi dalam desain dan warna motif batik Cirebon. Salah satu bukti akulturasi budaya Cina pada batik Cirebon adalah batik Megamendung.

Batik Tulis Megamendung

Megamendung adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Megamendung ini berada di kawasan wisata puncak yang merupakan jalur utama wisata bagi wisatawan dari Jabodetabek. Megamendung merupakan kecamatan yang dimekarkan dari Kecamatan Cisarua, Bogor pada tahun 1997.

Pesona motif mega mendung memang tidak bisa terbantahkan. Motif dengan bentuk lancip, lonjong dan juga segitiga ini mempunyai keunikan tersendiri. Selain itu, perpaduan warna juga menjadikan perpaduan yang mempesona. Makanya, banyak yang menyukai jenis batik ini. Ada beberapa warna yang dihadirkan pada motif batik ini. Mulai dari warna biru yang mendominasi, juga ada warna merah. Ini bisa diartikan jika warna ini menghadirkan sisi maskulinitas dan juga sebagai suasana dinamis.

Selain arti, motif Mega Mendung juga memiliki makna atau filosofi bahwa setiap manusia harus mampu meredam amarah/emosinya dalam situasi dan kondisi apapun, dengan kata lain, hati manusia diharapkan bisa tetap 'adem' meskipun dalam keadaan marah, seperti halnya awan yang muncul saat cuaca mendung yang dapat menyejukkan.

Motif Megamendung Sesuai Permintaan dan Pesanan Anda

Motif megamendung Anda pun bisa mendapatkan batik tulis khas Cirebon ini di tempat kami (Batikdlidir). Kami memiliki berbagai motif batik tulis yang sangat cantik. Kami yakin, saat anda melihat katalog kami anda akan dibuat terpesona dan tertarik untuk membelinya. Ada beberapa jenis batik yang spesial dari tempat kami. Seperti batik tulis dengan teknik ukel.

Teknik ini sangat sulit dilakukan. Bahkan tidak sembarang perajin batik yang mampu untuk membuat batik ukel ini. butuh konsentrasi dan ketelitian yang tinggi untuk menghasilkan teknik batik yang hebat. Untuk harga dari batik ukel ini mulai dari Rp 1,3 juta sampai dengan Rp 3,5 juta. Untuk pemesanannya, anda bisa menghubungi saya (Pak Mudzakir) di nomor 082265652222.

Anda juga dapat melihat situs kami yang lainnya grosir kain batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar