Jumat, 22 November 2019

KAIN BATIK YOGYAKARTA MOTIF RATU RATIH IRENGAN

Kain batik tulis Yogyakarta motif ratu ratih irengan koleksi Batik Dlidir adalah sebagai berikut. Tahukah kamu bahwa Batik Ratu ratih merupakan salah satu motif klasik? Penamaan Ratu-Ratih berasal dari kata ratu-patih karena terjadi salin-swara ada yang memberikan makna tunjung-putih yang memiliki arti dalam bahasa jawa ratu jinunjung patih atau raja yang dijunjung oleh patih atau diembani oleh patih karena usianya yang masih muda. Batik ini muncul pada masa pemerintahan Paku Buwono ke VI, dimana pada saat diangkat menjadi raja usianya masioh sangat muda sehingga diemban oleh patihnya (ayahnya sendiri) pada tahun 1824 M. Makna dari motif batik ini diibaratkan cincin emas yang bermata berlian yang dikaitkan dengan kemuliaan, keagungan dan mudah menyesuaikan dengan lingkungannya. Motif batik ini dipakai oleh semua golongan dan biasanya dipakai pada saat menghadiri jamuan.

Batik Tulis Motif Ratu Ratih Irengan

Batik Tulis Motif Ratu Ratih Irengan

Batik adalah sebuah kain yang bergambar yang pembuatannya menggunakan cairan lilin malam yang ditorehkan dengan menggunakan canting. Dalam bahasa jawa ambhatik memiliki makna tersendiri yaitu gabungan dari kata amba yang berarti lebar dan titik yang artinya membuat titik, sehingga berkembang menjadi batik yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Batik Tulis Bukan Sekedar Kain

Batik tulis bukan sekedar kain yang bercorak. Ada sejarah panjang dalam sebuah kain. Adapula seni yang indah. Jadi tidak mengherankan jika harganya cukup tinggi. Batik Dlidir memiliki pengrajin dengan kapasitas yang mumpuni, dengan pengalaman, kerja keras dan ketekunan dalam proses membatik. Membatik sendiri bukan perkara mudah. Proses yang panjang dan membutuhkan skill yang tinggi. Maka hargailah kami, para pengrajin batik yang berusaha mewariskan budaya bangsa ini.

Saat ini cukup langka pembatik dengan usia-usia muda. Di khawatirkan tidak ada yang meneruskan penciptaan kain batik tulis asli ini. Pembatik banyak yang berusia lanjut dan harus berhenti membatik karena sudah kesulitan dalam menggambar detail, dll. Oleh karena itu kita sebagai pecinta batik agar mendukung nilai ekonomi dari sebuah batik, tidak hanya dianggap sebuah kain. Namun, memahami pengetahuan tentang batik akan membuat kecintaan kita terhadap batik lebih kuat lagi.

Batik Tulis Terbaik

Batik Tulis ratu ratih irengan dapat dibuat menggunakan teknik handprint cocok diterapkan pada pembuatan seragam batik kantor, sekolah, umroh, dll. Terdapat dua jenis kain yang biasa jadi patokan warga Solo dan sekitarnya. Yaitu kain primissima dan prima, yang keduanya merupakan berbahan kain katun, kedua model kain tersebut hanya beda dari konstruksinya.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 29.000,00 konstruksi 90 x 70.
2. Kain batik primissima plus motif keinginan Anda Rp 38.000,00 permeter konstruksi 133 x 72.

Harga dapat berubah tergantung pada pemilihan warna, kerumitan motif yang dipilih, dll. Untuk pembuatan seragam batik, minimal pemeranan 500 meter. Sedangkan pemesanan diatas 1000 meter ada diskon menarik untuk Anda. Untuk pemesanan dapat menghubungi +6282265652222 (Bapak Mudzakir).




Nuhun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar