Kamis, 24 Oktober 2019

KAIN BATIK MODERN CERAH DENGAN TEKNIK CAP SMOKE

Kain batik modern warna cerah dengan teknik cap smoke yang ada di Batik Dlidir dengan desain trendi untuk Anda. Lebih baiknya kita ketahui dulu sejarahnya tentang batik cap smoke ini. Batik cap smoke ini sudah ada dari zaman dahulu.

Kain Batik Cap Smoke

Pada abad 19, permintaan batik dipasaran meluap tajam. Produsen batik mencari-cari cara untuk memenuhi luapan permintaan tersebut sehingga bisa memproduksi batik dengan lebih cepat dengan jumlah banyak. Sehingga terciptalah metode cap ini, dimana lempengan besi atau tembaga yang bermotif digunakan untuk membubuhkan malam atau lilin diatas permukaan kain Mori. Nah, lempengan ini akhirnya sampai sekarang disebut dengan cap, sehingga jadilah nama batik cap.

Bagaimana cara membuat kain batik motif cap smoke ?

Tehnik cap adalah memberikan malam pada garan kemudian dicapkan ( distamp ) pada kain. Malam atau lilin ini berfungsi untuk menutupi dan membatasi saat proses penyelupan warna. Sehingga warna bisa tembus karena melalui tahapan pencelupan ( tie dye dalam bahasa inggris ). Biasanya yang namanya batik cap itu motifnya berulang ulang, dan tidak rumit. Walaupun tidak rumit, batik cap masih dianggap batik yang kualitasnya sangat baik. Batik cap masih menggunakan malam dalam proses pembuatannya, sehingga masih dianggap sebagai batik yang authentik.

Untuk harga terbilang terjangkau dibandingkan tehnik tulis. Tehnik cap smoke diperuntukkan kebanyakan keperluan ekspor. Perpaduan gradasi dengan warna modern sangat diminati masyarakat Amerika dan Eropa. Walaupun ada, sebagian kecil masyarakat Indonesia yang memakai batik cap smoke ini. Padahal produsen asli tehnik ini adalah warga Nusantara.

Kain Batik Cap Smoke Untuk Seragam

Kain batik cap smoke cocok untuk dijadikan seragam, baik seragam sekolah, seragam kantor dan seragam acara-acara pesta. Kami menerima pesanan seragam dalam bentuk kain potongan maupun dalam bentuk seragam jadi. Untuk seragam jadi terdapat ongkos jahit mulai dari Rp 30.000,00. Pabrik batik bali atau batik cap smoke ini rata-rata dalam satu bulan bisa memproduksi kain batik sebanyak 10 ribu meter.

Pembuatan batik cap smoke ini sangat tergantung dengan cuaca. Karena apabila cuaca panas dan terik maksimal warna yang keluar di batik akan lebih indah. Ketika cuaca mendung warna kurang keluar sehingga hasil kurang baik. Dibawah ini adalah sebagian proses pembuatan batik cap smoke di pabrik Batik Dlidir.



Kain batik ini memiliki keunikan dengan aksen smoke untuk dasaran dan motif yyang tidak bisa mirip 100% karena menggunakan cap tidak menggunakan mesin. Kesan-kesan ‘berantakan’ pada motif yang diciptakan oleh malam akan menambah daya tarik.

Apa keuntungan pesan batik langsung di pabrik batik bali?
  1. Anda bisa memadupadankan motif atau memesan motif sesuai dengan keinginan
  2. Terdapat banyak jenis teknik membatik yang bisa dipilih untuk kain batik pesanan anda 
  3. Kami menawarkan beberapa jenis kain yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda
  4. Minimal order yang kecil sehingga anda bisa saja mencoba terlebih dahulu
  5. Akan mendapatkan harga yang tentunya lebih murah karena pesan langsung di pabrik
Dimana bisa memesan atau berkunjung ke pabrik batik bali?



Bagaimana cara memesan batik di Batik Dlidir?

Sangatlah mudah memesan kain batik ataupun seragam di Batikdlidir. Cukup dengan whatsapp ke 0822 6565 2222 Pak Mudzakir. Dengan segera kami melayani pemesanan Anda.

Nuhun.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar