Sabtu, 05 Oktober 2019

KAIN BATIK SUTRA MODERN KUALITAS PREMIUM

Kain Batik Sutra Modern Kualitas Premium
Nama : Batik Tulis Sutra Sebaran Ceplok
Bahan : Sutra
Harga : Rp. 3.100.000

Kain batik tulis sutra sebaran ceplok dibuat dengan menggunakan bahan kain sutra. Teknik pembuatannya menggunakan cairan lilin malam yang ditorehkan dengan menggunakan canting. Dalam bahasa jawa ambhatik memiliki makna tersendiri yaitu gabungan dari kata amba yang berarti lebar dan titik yang artinya membuat titik, sehingga berkembang menjadi batik yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar. Keaslian suatu batik dapat dikatakan asli apabila menggunakan malam dalam pembuatannya. Untuk Motif-motif Kain batik Anda bisa melihatnya disini, click here!.

Kain batik tulis sutra dibuat menggunakan bahan utama lilin batik atau malam dengan pengaplikasian menggunakan canting. Jenis batik ini juga dibuat secara manual. Tidak ada alat atau mesin yang membantu proses pembuatannya, juga tidak memadukannya dengan batik cap atau batik printing. Jadi batik tulis asli adalah benar-benar batik tulis klasik baik motif maupun proses pembuatannya.

Kain Batik Sutra Proses Pembuatan dan Cara Perawatannya

Kain batik sutra dibeberapa daerah di Indonesia memiliki ciri khas batiknya masing-masing sesuai dengan karakteristik budaya dan masyarakat asli. Seperti motif khas Solo dengan warna-warna dasar gelap atau batik Pekalongan dengan warna-warna cerah. Semua patut kita jaga dan lestarikan salah satu caranya dengan membeli kain batik asli daerah. Berikut video dalam proses pembuatan kain batik asli berbahan kain sutra.



Kain batik tulis dari bahan dasar sutra memerlukan perawatan lebih hati-hati dibanding dengan kain wol ataupun katun. Dengan tekstur bahan yang sangat halus, sutra mudah rusak jika diperlakukan agak kasar atau pencucian dengan bahan kimia berlebihan. Perlakuan hati-hati pada bahan sutera ini telah dimulai sejak proses pembatikan karena sifatnya yang lebih sensitif itu.

Karenanya pencucian, penyeterikaan dan juga penyimpanan perlu diperhatikan agar batik dapat terjaga keawetannya. Tidak terlalu banyak menggunakan deterjen untuk mencuci batik agar warna batik tak mudah memudar. Sebaiknya menggunakan cairan lerak untuk mencuci batik yang juga dapat membantu menjaga penampilan batik. Tak perlu diperas, cukup diangin-anginkan untuk menjaga bahan tak rusak. Begitupun jangan menjemur langsung di bawah terik matahari.

Saat menyeterika, lapisi antara kain dan seterika dengan kertas. Jangan langsung meletakkan seterika panas di atas bahan batik sutera. Simpanlah batik tulis sutera Anda di dalam lemari yang diberi bahan anti ngengat, seperti kayu cendana. Jika menggunakan kamper, sebaiknya tak langsung mengenai batik tulis untuk menghindari kerusakan bahan. Dapat pula Anda bungkus batik tulis sutra Anda dengan plastik ketika digantung dalam lemari untuk tetap rapi.

Produksi kain batik tulis berbahan sutra, kami beri nama produk kami dengan nama BatikDlidir. Anda dapat memesan batik dengan motif sesuai selera Anda. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut mengenai batik Anda dapat langsung menghubungi Pak Mudzakir melalui whatsap 0822 6565 2222.

Nuhun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar